Website Dakwah untuk Kemuliaan Islam dan Kaum Muslim

Selamat Idul Fitri: Arti dan Jawaban Taqabbalallahu Minna Waminkum

Arti dan Jawaban Ucapan Taqabbalallahu Minna Waminkum

Bagaimana menjawab ucapan Selamat Idul Fitri yang biasanya ada ucapan "Taqabbalallahu Minna Waminkum (تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ)?

Jawaban atau balasan ringkasnya adalah  تَقَبَّلْ يَا كَرِيْمُ (Taqabbal Ya Karim). Artinya: "Terimamalah Wahai Dzat Yang Mahamulia".

Jawaban yang baik adalah yang sama atau lebih panjang.

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a).
Ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum adalah sebuah doa yang memiliki arti “Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian” atau "Semoga Allah menerima ibadah kita".

Doa tersebut didasarkan pada riwayat dari Jubair bin Nafir. Ia mengatakan, “Apabila sahabat-sahabat Rasulullah Saw bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum.”

Dijelaskan Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, bahkan ucapan tersebut tidak hanya untuk Idul Fitri, tetapi berlaku juga untuk Idul Adha.

Hal ini didasarkan pada riwayat dari Jubair bin Nafir di atas.

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Berikut ini teks atau tulisan Arab taqabbalallahu minna wa minkum dan artinya:

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمْ وَجْعَلْنَا اللَّهُ وَ اِيَّكُمْ مِنَالْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

“Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kulla ‘amin wa antum bikhoir.”
Artinya : Semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.

Tulisan Taqobalallahu Minna Wa Minkum versi pendek

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

“Taqobalallahu minna wa minkum”
Arti: “Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian”.

Tulisan Taqobalallahu Minna Wa Minkum versi panjang

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

“Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.”

Artinya: “Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia”.

Tulisan Taqobalallahu Minna Wa Minkum versi lengkap:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ

“Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.”

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum

Cara menjawab jika ada yang mengucapkan "taqabbalallahu minna wa minkum" adalah "taqabbal ya karim" sebagaimana dijelaskan di atas.

Karena berupa doa, bisa juga dengan kata "Amin".

Namun, kita dianjurkan menjawabnya dengan yang lebih baik, sesuai dengan firman Allah:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ
“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (Q.S. An Nisaa ayat 86).

Jika ada yang memberikan doa “taqobalallahu minna wa minkum”, maka jawablah dengan ucapan atau doa serupa “taqobbalallahu minna waminkum wa taqobbal ya karim” (تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ). Wallahu a'lam.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post