Website Dakwah untuk Kemuliaan Islam dan Kaum Muslim

MaasyaAllah Hamlud Dakwah Trending, Apa Artinya Hamlud Dakwah?

MaasyaAllah Hamlud Dakwah sempat jadi Trending Topic di Twitter, Rabu (1/4/2020). Apa Artinya Hamlud Dakwah?

Hamlud Dakwah

Hamlud Dakwah artinya pengemban dakwah, yaitu orang yang menjalankan kewajiban dakwah. Dakwah (da'wah) sendiri artinya menyeru atau mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran atau keburukan.

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk". (Quran Surat An-Nahl Ayat 125).

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى ٱلْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung" (Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 104).

Dakwah itu menyeru ke jalan Allah SWT, yakni syariat Islam. Karena banyak dibarengi tagar lain dengan kata "khilafah", warganet mencurigai MaasyaAllah Hamlud Dakwah  diramaikan para eks anggota atau aktivis Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang sudah dinyatakan terlarang oleh pemerintah.

Istilah Hamlud Dakwah memang tidak populer dibandingkan pendakwah, penceramah, atau ustadz yang bermakna sama-sama mengemban dakwah Islamiyah.

Kalangan HTI memang "gemar" menggunakan istilah dalam bahasa Arab. Udah, itu aja ulasan tentang Hamlud Dakwah. Soalnya banyak yang gagal paham, apa itu Hamlud Dakwah.*

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post